Antena dan Propagasi

Antena dan Propagasi
Antena dan Propagasi

Antena dan Propagasi adalah salah satu Mata Kuliah Wajib yang akan didapatkan oleh para mahasiswa S1 Teknik Telekomunikasi. Mau kenal lebih jauh? Yuk simak artikel ini ya.

Seperti kita ketahui, bahwa dalam pentransmisian sinyal informasi dari satu tempat ke tempat lain dapat dilakukan melalui beberapa media, baik media fisik, yang berupa kabel/kawat (wire) maupun media non-fisik (bukan kabel/kawat), yang lebih dikenal dengan wireless, seperti halnya udara bebas.

Dengan beberapa pertimbangan teknis dan terutama ekonomis, untuk komunikasi pentransmisian gelombang dalam jarak yang jauh, akan lebih efisien apabila menggunakan udara bebas sebagai media transmisinya. Hal ini memungkinkan karena gelombang radio atau RF (radio frequency) akan diradiasikan oleh antena sebagai matching device antara sistem pemancar dan udara bebas dalam bentuk radiasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini merambat atau berpropagasi melalui udara dari antena pemancar ke antena penerima yang jaraknya bisa mencapai beberapa kilometer, bahkan ratusan sampai ribuan kilometer.

Mata kuliah ini bertujuan untuk mempelajari dasar tentang prinsip desain antena & prinsip propagasi elektromagnetika serta konsep desain link transmisi radio. Materi yang diajarkan mencakup latar belakang, teori dan konsep dasar, pengembangan varian metode / algoritma, evaluasi kinerja, dan aplikasi. Capaian yang ingin diraih melalui mata kuliah ini diantaranya adalah:

  1. Mahasiswa memahami konsep serta prinsip keilmuan di bidang elektromagnetika, antena, propagasi radio, teknik frekuensi radio, dan radar.
  2. Mahasiswa mampu memformulasikan permasalahan rekayasa di bidang elektromagnetika, antena, propagasi radio, teknik frekuensi radio, dan radar. 
  3. Mahasiswa mampu memahami secara kritis substansi makalah ilmiah tingkat internasional dan menggunakannya dalam penelitian dan pengembangan di bidang elektromagnetika, antena, propagasi radio, teknik frekuensi radio, dan radar.

Yuk kenalan lebih jauh dengan program studi S1 Teknik Telekomunikasi dan kunjungi laman website official ITTelkom Jakarta ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *